Motor Matik Teknologi CVT

Motor matik menggunakan teknologi  Continuously Variable Transmission ( CVT),  sehingga sepeda motor dapat bergerak dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi, tanpa perlu memindahkan gigi perseneling, di mesin motor matik tidak menggunakan gear. Pada dasarnya prinsip kerja motor mirip dengan sepeda, kalau sepeda bergigi punya beberapa set gigi depan dengan berbagai radius dan set gigi belakang yang juga mempunyai beberapa radius.

Pada motor matik injeksi irit harga murah seperti Yamaha Mio J memiliki  prinsipnya yang mirip yaitu menggunakan  crankcase, mesin  untuk membuat roda berputar yang dihubungi dengan sebuah rantai.

Dua  roda, satu roda drive pulley di bagian depan yang terhubung  ke mesin (crankcase) dan roda belakang driven pulley  yang satu as dengan roda belakang. Kedua roda tersebut dihubungkan dengan  CVT belt/V-belt atau rantai, yang berarti harus terjaga tingkat elasitasnya.

Saat gigi rendah atau  “low gear” atau saat starter, radius drive pulley kecil, sedangkan driven pulley besar. Sementara saat “high gear” adalah kebalikannya, radius drive pulley jadi membesar, driven pulley jadi mengecil.

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s