Teknolog PGM-FI Untuk Motor Kecil

Mari kita bahas PGM Fi yang digunakan oleh sepeda motor injeksi irit harga murah Honda untuk Motor cc kecil. Sistem injeksi PGM-FI merupakan sistem injeksi untuk motor matik injeksi ber cc kecil dan mirip dengan yang digunakan pada motor CC besar.

Berikut ini skema sistem Injeksi PGM Fi untuk Motor ber cc kecil Honda seperti misalnya PGM FI Step 4 hampir mirip dengan sistem Injeksi ber cc besar. Perbedaannya terdapat dari sensor-sensor yang digunakan.

Seperti Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) yang memiliki fungsi sebagai detektori kondisi kevacuuman intake manifold dan juga pendeteksi langkah Kompresi-dekompresi, sensor ini diganti dengan mengoptimalkan ECM (ECU) yang dapat mendeteksi proses kompresi ketika kecepatan putaran crankshaft sedikit melambat Via Sensor Crankshaft Position Sensor ( CKP ).

Pengertiam terkait ECU atau ECM dapat dibaca di: Engine Control Module

Sensor IAT (Intake Air Temperature) dan IACV (Iddle Air Control Valve) juga dihilangkan. IAT adalah sensor yang digunakan mendeteksi suhu udara masuk ke intake manipold, semakin dingin suhu udara masuk maka akan semakin besar pula tegangan yang dikirimkan ke ECU, sehingga suplai bensin ke injector juga semakin besar. Sensor ini digantikan dengan sensor O2.

Dengan melakukan modifikasi maka Honda dapat menghadirkan motor matic injeksi irit harga murah.

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s